Pembelian Lahan Makam: At Need atau Pre Need?

Jika Saatnya Tiba

Kita meyakini pada saat kematian, jiwa seseorang kembali ke pelukan Sang Pencipta, Sang Hidup, Sang Khalik. Dan bahwa tak seorang pun tahu saat kematian itu tiba. Saat seseorang meninggal dunia, segala urusan terkait kematian tersebut dilakukan oleh keluarganya, atau kerabat, atau mereka yang dekat dengan dirinya: dari persiapan hingga pemakaman. Bukan hal yang sepele menyiapkan semua itu.

Keyakinan

Sebagian orang tabu membeli lahan makam sebelum diperlukan. Untuk mereka, lahan makam seharusnya dibeli saat diperlukan (at need). Ada yang mengatakan membeli lahan makam pre need akan mengundang kematian. Sebaliknya ada juga yang mengatakan, memiliki lahan sebelum kematian, umurnya akan panjang. Semua berpulang kepada keyakinan. Dan sudah selayaknya kita menghargai keyakinan setiap pribadi.

Bertolak dari tak mau merepotkan orang lain, semakin banyak orang menyiapkan, membeli lahan makam bagi dirinya. Selain itu rasa tenteram tersedianya “rumah masa depan” menjadi pertimbangan juga. Mereka memiliki keyakinan, waktu adalah milik Sang Maha. DIA telah menetapkan waktuNYA. Dimilikinya lahan makam tak pernah mempercepat datangnya kematian; belum tersedianya lahan makam tak akan mampu menunda waktu berpulangnya seseorang kepada Allah, Penciptanya.

San Diego Hills Memorial Park adalah taman makam asri di Karawang Barat 2 yang dikelola secara profesional oleh swasta. Dari arah Jakarta ataupun Bandung Anda tak perlu melalui jalan toll layang MBZ. Ke luar toll Km46, Karawang Barat 2,  sekitar 5 menit kita akan sampai di gerbang memorial park ini.

Tak hanya menawarkan berbagai tipe lahan makam, San Diego Hills menyediakan pilihan mansion/cluster dengan spesifik panorama yang apik dan menarik. Setiap mansion/cluster yang memiliki profil yang unik: ada lokasi dengan pemandangan danau yang menenteramkan, atau di bukit yang tinggi. Juga bisa dipilih lahan di satu hamparan hijau.

Kapan Harus Membeli Lahan Makam

Dari sisi waktu pembelian, ada 2 macam. Ketika Anda membeli lahan makam karena diperlukan segera, ini disebut pembelian at need. Selain kondisi itu, maka disebut pembelian pre need.

Pembelian lahan makam at need di San Diego Hills tak akan menemui kesulitan karena kesediaan lahan banyak dan terus dikembangkan.

Mengapa Membeli Lahan Makam Pre Need Sangat Disarankan?

Berbeda dengan at need, pembelian lahan pre need memiliki kelebihan:  (1) Waktunya lebih santai, tak ada ketergesaan (2) Pembayaran lahan bisa dicicil. Jika dipilih pembayaran tunai, maka diskon akan diberikan. Kedua cara pembayaran ini tak dimungkinkan pada pembelian at need. Nominal dalam tabel adalah harga yang dibayar untuk pembelian at need, atau nilai total yang dicicil untuk pembelian pre need. (3) Telah tersedianya lahan makam juga berarti mengurangi lonjakan biaya yang harus dikeluarkan oleh keluarga pada masa perkabungan. Selain tiga hal yang telah disebut, membeli lahan makam pre need juga memberikan rasa ketenteraman.

Syukur tanpa libur menapak hari demi hari. Mengalami berbagai kejadian dan menjalani hidup sebagai anugerah yang tak berkesudahan adalah satu kegembiraan. Membeli lahan makam pre need bukanlah satu keharusan, namun Anda bijak jika melakukannya.

Elang Malindo, 4 Juli 2023

Antoinette Wiranadewi Ludi

error: Content is protected.